4 Kebiasaan yang Sering Salah dalam Menyusui Bayi

Kesalahan dalam kebiasaan menyusui bayi sering kali terjadi di dalam masyarakat. Terutama bagi ibu mudah yang baru pertama kali menyusui bayi. Kebiasaan ini terjadi karena kurangnya ilmu pengetahuan seorang ibu. Berikut ini 4 kebiasaan yang sering salah dalam menyusui bayi.

  1. Payudara Penuh

Kebiasaan yang menjadi kesalahan adalah ketika memompa ASI menunggu payudara Anda menjadi penuh. Anda perlu mengetahui bahwa di dalam ASI ada kandungan protein FIL (feedback inhibitor of lactation). Kandungan FIL ini membuat payudara terasa penuh sehingga tubuh merespon bahwa produksi ASI sudah berlebihan dan menghentikan suplai ASI di tubuh.

Jadi kebiasaan menunggu payudara sampai penuh baru menyusui bayi atau memompa ASI adalah kesalahan yang fatal. Anda hanya perlu melakukan jadwal rutin setiap hari di jam yang sama untuk menyusui dan memompa ASI Anda.

  1. Menghindari Waktu Malam

Proses tubuh mengurangi suplai ASI juga terjadi ketika Anda tidak menyusui bayi atau memompa ASI malam hari. Kondisi ASI yang dibiarkan penuh saat malam hari akan membuat tubuh mengurangi produktivitas ASI karena saat malam hari ASI juga diproduksi.

Terlebih bagi Anda yang usia bayinya masih di bawah 6 bulan sebaiknya tetap menyusui di malam hari agar ASI eksklusif dapat terjaga produktivitasnya. Pompa ASI sebelum tidur agar dapat diberikan ketika bayi menangis tanpa membuat Anda kerepotan.

  1. Melakukan Diet

Ketika menyusui, Anda sebaiknya tidak melakukan diet karena akan membuat tubuh Anda kekurangan asupan nutrisi. Akibatnya akan menurunkan tingkat produktivitas ASI yang Anda miliki. Maka selama menyusui bayi tetaplah memenuhi kebutuhan nutrisi, Anda dapat menjaga kondisi tubuh dengan melakukan olahraga secara rutin.

Anda bisa mengurangi makan makanan siap saji agar berat badan tetap terjaga tanpa mempengaruhi produktivitas ASI. Konsumsi susu khusus ibu menyusui juga akan membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi untuk memproduksi ASI.

Anda bisa mendapatkan susu khsusus ibu hamil yang berkualitas dengan membelinya di toko perlengkapan bayi orami.com. Anda akan mendapatkan potongan harga untuk setiap pembelian sesuai ketentuan berlaku. Bagi yang di daerah Jakarta dapat berbelanja di JGOS 2018.

  1. Bayi Dibiarkan Tidur Terlalu Lama

Ketika bayi tidur terlalu lama tentu ASI tidak dapat keluar sehingga suplai ASI akan menurun karena tubuh menduga ASI masih tersedia. Ketika bayi tertidur dan jadwal menyusui telah Anda tentukan, maka bangunkan bayi secara perlahan agar bisa tetap memberikan ASI Anda. Selang waktu untuk menyusui yaitu setiap tiga jam sekali agar produktivitas ASI tetap stabil.

Perlu Anda ketahui bahwa menyusui bayi selama dua tahun akan membantu untuk membuat tubuh Anda kembali seperti sedia kala. Anda harus menjaga kestabilan produktivitas ASI dengan menjaga kesehatan dan asupan gizi agar bayi Anda mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya.

Comments are closed.

Proudly powered by WordPress
Theme: Esquire by Matthew Buchanan.